Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertolongan pertama saat mobil terkena banjir

 
Pertolongan pertama saat mobil terkena banjir

Pertolongan pertama saat mobil terkena banjir – Musim hujan di Indonesia wajarnya berlangsung pada bulan. Oktober sampai Maret, dengan intensitas hujan aling tinggi berlangsung di Desember serta Januari.

Pertolongan pertama saat mobil terkena banjir

Musuh paling utama yang dihadapi pada musim hujan adalah banjir. Sebagian kota besar di Indonesia seperti Jakarta, yang cukup riskan banjir karena saluran air atau drainase yang telah tidak dapat sekali lagi menyimpan beban luapan air, karna pengaturan kota yang kurang baik dengan bangunan-bangunan yang tidak teratur.

Efek banjir juga berbagai macam, dari mulai kerugian materi ataupun im-materi atau yang sifatnya bukanlah benda seperti sakit, perasaan tidak nyaman, dsb.

Tetapi tidak cuma untuk ketidaknyamanan diri yang dirasa saat hadapi banjir, tetapi jika satu diantara benda perlu, seperti kendaraan bermotor juga terserang banjir.

Umpamanya kendaraan roda empat. Sekarang ini nyaris semuanya mobil keluaran terbaru telah memakai mesin yang didesain serba automatis, bukanlah manual sekali lagi. Hingga system otomatisnya itu cukup riskan terganggu pada saat terendam banjir.

Tidak tanggung-tanggung, tiap-tiap rusaknya transmisi listrik karena banjir, perlu cost yang besar untuk perbaikannya. Sebagian komponen mobil mungkin tiak berperan sekali lagi sesudah terendam banjir.

Tetapi bukanlah tak ada langkah yang dapat dikerjakan untuk menyelamatkan mobil yang paling disayangi Anda ini. Di bawah ini beberapa langkah yang mesti di perhatikan ketika mobil terendam banjir :

1. Kabel Aki Selekasnya Dilepaskan Waktu Mobil Terendam Banjir

Dengan melepas kabel aki, jadi juga akan terlepas resiko korsleting (hubungan arus listrik pendek). Hingga dapat buat komponen-komponen elektronik yang berada di dalamnya rusak. Terlebih apabila mobil Anda keluaran paling baru hingga yang serba automatis dan memercayakan transmisi jaringan listrik.

2. Mobil Jangan Dinyalakan dulu

Keadaan mobil yang terendam banjir adalah darurat. Jadi mobil mesti didorong ke tepi atau ke tempat yang tidak digenangi air tentunya. Janganlah sekali-kali coba menyalakan mesin untuk meminggirkan mobil itu.

Karna hal tersebut begitu beresiko sebab saat mesin itu dinyalakan ketika terendam banjir, jadi dapat menyebabkan korsleting serta air yang masuk ke mesin jadi semakin banyak sekali lagi.

3. Rem Tangan mesti Dinonaktifkan

Langkah selanjutnya adalah selekasnya untuk menonaktifkan rem tangan mobil Anda supaya rem kanvas tidak lengket. Aksi ini serupa dengan mobil yang ditinggal pergi dalam periode waktu lama serta kita mesti menetralisir dahulu keadaan mesin waktu juga akan mengendarainya.

Jadi gantinya, supaya mobil tidak bergerak terikut arus banjir, pakai batu untuk mengganjal atau memasukkan persneling atau rotasi gigi mesin ke gigi satu. Keadaan ini untuk mbil transmisi manual atau yang masih tetap memakai rem tromol.

Sedang untuk type mobil yang memakai mesin automatis, transmisi atau perpindahan persneling dapat dimasukkan pada tempat parking (parkir) dengan kata lain keadaan berhenti.

4. Kuras Tangki Bensin

Bensin berisiko tercampur dengan air banjir. Bila Anda dapat mengerjakannya sendiri, menguras tangki bensin untuk meyakinkan kalau tak ada air yang tercampur dalam bensin.

Sebab air yang masuk ke tangki serta bercampur dengan bensin punya potensi menyebabkan karat pada tangki bensin. Bila sekian yang berlangsung, jadi juga akan mengganggu system pengapian serta buat tangki bensin jadi keropos, dan gampang bocor dalam periode panjang.

5. Keringkan Komponen Pengapian seperti Busi, Karburator, serta lainnya

Sebagian komponen pengapian seperti busi, karburator, saringan udara, koil, alternator, delco kabel-kabel juga cukup riskan rusak jika terserang banjir. Karenanya baiknya keringkan komponen-komponen ini dengan baik.

Check juga apakah masih tetap dapat berperan normal atau ada masalah beda. Bila tidak cermat, serta nyatanya komponen pengapian ini tidak berperan maksimum, jadi mobil juga akan begitu riskan untuk mogok. Jangan pernah hal semacam ini berlangsung, karna Anda juga akan merogoh cost semakin besar serta saat pengurusan yang dapat mengganggu kesibukan.

Bila mobil memakai komponen ECU (electronic control unit), selekasnya bawa saja ke bengkel resmi. Sebab komponen ECU ini begitu peka serta berisiko alami rusaknya fatal karena terendam air banjir. Perlu cost yang cukup mahal apabila sisi ini terserang banjir. perbedaan kredit mobil di bank dan leasing

6. Check Peranan Audio Mobil

Mengecek peranan audio mobil apakah tetap dalam kondisi normal atau tidak, dapat dikerjakan di bengkel, tempat macam mobil, atau di check sendiri saja, terlebih di bagian head unit.

Mobil yang terendam banjir sering buat speaker rusak karna beberapa besar berbahan terbuat dari beberapa bahan yang begitu rawan dengan air. Bila berlangsung masalah, bengkel spesial macam lebih kompeten untuk memperbaikinya.

7. Karpet serta Barang Interior Harus Diperiksa

Sisi interior mobil terbagi dalam beragam jenis, dari mulai kursi, karpet, kain pintu dalam (door trim), serta yang lain, harus di check saat terserang banjir. Sebab mungkin saja rusak karna terserang air.

Jangan pernah kotoran yang ada melekat juga akan jadi jamur atau karat. Karenanya selekasnya bersihkan serta keringkan dengan baik manfaat menghindar timbulnya aroma tidak sedap didalam mobil Anda.

Tetapi, untuk bersihkan sisi interior mobil ini umumnya memerlukan tempat spesial bersihkan mobil. Lagi-lagi, bengkel macam jadi tempat yang pas untuk service sisi interior mobil ini.

8. Lakukan Mobil Dengan Perlahan

Sesudah pengecekan diatas Anda kerjakan, cobalah nyalakan mesin serta dengarkan dengan baik apakah nada mesin masih tetap normal sebelumnya terendam banjir atau tidak. Lakukan mobil dengan perlahan sembari memijak rem pedal sedikit untuk percepat sistem pengeringan. Bila nada mesin mobil tidak normal, baiknya menghubungi bengkel secepat-cepatnya.

9. Bawa ke Bengkel dan Check Semuanya

Sesampainya di bengkel, mintalah check keadaan minyak atau oli di transmisi mesin serta yang lain. Terkecuali oli mesin, semuanya minyak yang digunakan mobil peluang besar telah tercampur dengan air saat terendam banjir. Serta oli yang tercampur dengan air ini dapat mengakibatkan kerusakan mesin dan komponen yang lain.

Pengetahuan bagaimana perlakuan mobil yang terendam banjir menghindari Anda dari resiko rusaknya fatal pada mesin. Sering waktu musim hujan, banjir juga tidak dapat diprediksikan kapan juga akan berlangsung serta merendam mobil.

Waktu mobil terjerat banjir, pengetahuan jalan keluar darurat dengan langkah diatas perlu untuk dikerjakan supaya Anda terlepas dari resiko rusaknya fatal pada kendaraan.

Diluar itu, mengingat besarnya resiko kerugian kendaraan karena banjir, sebaiknya Anda lengkapinya dengan perlindungan dari asuransi mobil atas semuanya resiko (all risk car insurance) dengan pelebaran jaminan banjir.

Pelebaran jaminan resiko banjir ini umumnya telah jadi satu paket dengan perlindungan beda, seperti bencana alam, kecelakaan, terorisme, serta yang lain. Dengan asuransi penambahan ini, jadi dapat menghimpit kerugian dari resiko rusaknya mobil Anda.

Posting Komentar untuk "Pertolongan pertama saat mobil terkena banjir"

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN