Toyota Avanza 2022 , Veloz diluncurkan di Indonesia

Header Menu


Toyota Avanza 2022 , Veloz diluncurkan di Indonesia

jemberindo
Sabtu, 26 Februari 2022

 


Toyota Avanza generasi ketiga yang memulai debutnya di Indonesia hari ini bersama dengan versi Veloz-nya yang lebih sporty. Low MPV yang serba baru menggantikan model generasi kedua yang telah ada selama lebih dari satu dekade, membawa serta perubahan signifikan di dalam dan luar.
Pertama, Avanza sekarang menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang juga menopang Raize serta Daihatsu Rocky dan Perodua Ativa. Transisi dari rangka tangga ke konstruksi monocoque ini disertai dengan penyangga MacPherson di bagian depan, sedangkan balok torsi digunakan untuk bagian belakang.

Lebih penting lagi, ini adalah Avanza pertama yang berpenggerak roda depan, karena semua generasi sebelumnya hanya menggunakan penggerak roda belakang. Pilihan mesin tetap familiar, termasuk unit empat silinder DOHC 1NR-VE 1.3 liter naturally-aspirated dengan Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 121 Nm pada 4.200 rpm, yang hanya dipasangkan dengan lima- transmisi manual kecepatan.

Pilihan lainnya adalah mesin 2NR-VE 1,5 liter yang menghasilkan 106 PS pada 6.000 rpm dan 137 Nm pada 4.200 rpm yang dapat dikawinkan dengan manual lima kecepatan atau D-CVT Daihatsu, tergantung pada mesinnya.

Pada bagian atas platform DNGA adalah bodi baru yang menempati tapak yang jauh lebih besar dibandingkan dengan model sebelumnya, dengan Avanza sekarang berukuran panjang 4.395 mm (+205 mm) dan lebar 1.730 mm (+70 mm). Tergantung pada variannya, tinggi kendaraan adalah 1.665 mm (-30 mm) atau 1.700 mm (+5 mm), sedangkan jarak sumbu roda bertambah menjadi 2.750 mm (+95 mm).
Dari segi gaya, Avanza terbaru sangat berbeda dari pendahulunya, dengan fasia depan yang ramping, gril dua bilah diapit oleh lampu depan LED yang ramping. Barang-barang ini berada tepat di atas intake bawah besar berbentuk trapesium yang membentuk sebagian besar bemper depan, yang dipahat untuk menampilkan sekeliling fog lamp bersudut dan dagu yang menonjol.

Di sepanjang sisi, garis lipatan tajam menghubungkan cluster lampu depan dan belakang, mengalir melalui gagang pintu, sementara lengkungan roda yang tebal memberi kesan seperti SUV pada mobil. Untuk dampak visual yang lebih besar, potongan trim di dasar pilar D tidak diwarnai untuk tampilan atap mengambang semu.

Pada bagian belakang, terdapat lampu belakang ramping yang dihubungkan oleh garis sewarna bodi yang memanjang melalui logo Toyota di bagian bak. Celah pelat nomor juga lebih jelas sekarang, disertai dengan reflektor yang terintegrasi ke apron bawah bersudut.

Toyota Veloz 2022

Veloz juga mendapat sejumlah sentuhan unik untuk membedakan dirinya sebagai opsi yang lebih sporty dan lebih mewah, dengan yang paling menonjol adalah gril utama berbentuk heksagonal dengan mesh pola Y. Hal ini disertai dengan desain lampu depan tweak dan cluster dihubungkan ke pilar-A oleh strip krom yang membentang di bagian depan.

Bentuk gril baru juga menjamin bumper baru dengan bagian fog lamp yang lebih vertikal dengan trim krom dekoratif, sementara skid plate berada di bawah intake bawah. Perbedaan lainnya termasuk pengaturan lampu belakang lebar penuh di bagian belakang dan skid plate lain untuk meniru bagian depan, yang terakhir juga melihat reflektor didorong lebih tinggi dan bergabung dengan surround berbentuk segitiga.

Perombakan berlanjut di bagian dalam, karena ada tata letak dasbor yang lebih kontemporer yang dipimpin oleh sistem infotainment yang ditempatkan di atas ventilasi udara tengah. Kontrol digital untuk sistem AC manual juga masuk ke kabin, bersama dengan desain roda kemudi baru.
Dibagian tuas persneling telah dibawa lebih jauh ke depan pada platform terangkat yang menghubungkan ke tumpukan tengah, sementara konsol tengah menampung rem tangan, ruang penyimpanan, dan sandaran tangan. Seperti sebelumnya, ada tiga baris kursi untuk menampung hingga tujuh orang, dan dengan dimensi yang lebih besar, ruang interior juga diharapkan lebih banyak.

Toyota Avanza 2022

Avanza ditawarkan dalam empat varian di Indonesia, dimulai dengan basis 1.3E yang dibanderol dengan harga 206,2 juta rupiah (RM60.173). Singkatnya, ia datang dengan 1NR-VE, velg manual lima kecepatan 15 inci, jok kain, layar sentuh tujuh inci, port USB, VSC, ABS, EBD, brake assist, hill start assist, dua airbag dan peringatan sabuk pengaman semua kursi.

Langkah selanjutnya adalah 1.5G, yang ditenagai oleh 2NR-VE dan dapat dimiliki dengan manual seharga 228,5 juta rupiah (RM66,673) atau otomatis seharga 241,4 juta rupiah (RM70,437). 1.5G meningkatkan 1.5E dengan mengadopsi alloy 16 inci, sensor parkir belakang, alarm dan immobilizer, layar multi-info TFT 4,2 inci, layar sentuh sembilan inci, start engine tanpa kunci, serta kemudi miring dan teleskopik. 
Varian tertinggi adalah 1.5G CVT TSS yang dijual seharga Rp 264,4 juta (RM77.148), yang menambahkan rangkaian sistem keselamatan dan bantuan pengemudi Toyota Safety Sense – yang pertama dan peningkatan besar untuk model ini.

Termasuk dalam suite ini adalah Toyota Pre Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert dan Blind Spot Monitoring. 1.5G CVT TSS juga mendapatkan enam airbag dan sistem telematika T Intouch dengan berbagai layanan yang terhubung (pencari lokasi kendaraan, geofencing, pemeliharaan e-care)

Untuk fitur lebih kelas atas, kita harus melihat Veloz, yang hanya hadir dengan mesin 2NR-VE. Veloz memiliki tiga varian line-up, dimulai dengan varian MT dengan manual dan dijual seharga 251,2 juta rupiah (RM73,295), diikuti oleh Q CVT dengan harga 272,1 juta rupiah (RM79,393) dan Q CVT TSS dengan harga 291,5 juta rupiah (RM85.054).
Terlepas dari varian Veloz yang dipilih, semuanya hadir standar dengan jok kombinasi kain dan kulit, kluster instrumen digital tujuh inci, rem parkir elektronik dengan penahan rem otomatis, pengisi daya nirkabel, sistem infotainment layar sentuh sembilan inci, AC otomatis. AC, sistem pencahayaan sekitar, sandaran tangan pintu dengan sentuhan lembut, layar hiburan kursi belakang, sensor parkir belakang, dan sistem keselamatan pasif Avanza.

Khusus untuk varian Q CVT adalah velg 17 inci, mode berkendara yang dapat dipilih, dan monitor pandangan sekitar, sedangkan MT dilengkapi dengan roda 16 inci dan kamera mundur. Q CVT TSS spesifikasi teratas mendapatkan suite Toyota Safety Sense yang sama dengan 1.5G CVT TSS Avanza, bersama dengan enam airbag (sisanya hanya mendapatkan dua).

Jadi, bagaimana menurut Anda tentang Avanza yang dirombak? Apakah Anda lebih suka wajah biasa atau penampilan Veloz? Bagaimana dengan semua teknologi baru yang mewah? Telah dikabarkan sebelumnya bahwa Avanza generasi ketiga akan menjadi basis untuk Perodua Alza generasi berikutnya (dengan nama kode D27A), meskipun belum ada kabar resmi tentang masalah tersebut untuk saat ini. Kedengarannya seperti paket yang cukup menarik.